COIGA BARU

Menu

Menu1

Jumat, 13 Februari 2015

Kolom > Asian Games 2018 Bebas Banjir


Oleh Gungde Ariwangsa*

Sumber Asli -- C0I -  Banjir mengurung Jakarta akibat hujan yang turun tiada henti Minggu – Senin, 8-9 Februari lalu. Hampir sebagian besar kegiatan lumpuh akibat 107 kawasan tergenang dan terendam air yang tinggi. Kemacetan pun  ikut merambah sehingga kelumpuhan bertambah parah.
         Peristiwa dan pemandangan soal keganasan banjir menyerbu Jakarta  bukan sekali ini saja terjadi.  Sudah bertahun-tahun Jakarta menjadi daerah rawan banjir. Dan ini terus berulang setiap tahun. Bisa jadi ini pun akan terulang lagi dalam beberapa tahun ke depan.
Ketidakberdayaan Jakarta dalam mengatasi banjir itu membuat kekhawatiran besar di masa depan karena Ibukota akan menjadi tempat pelaksanaan Asian Games XVIII Tahun 2018. Tinggal tiga tahun lagi. Bertambah lagi beban Jakarta saat akan menggelar pesta olahraga antarnagera Asia tersebut karena juga harus berjibaku untuk mengatasi “bahaya laten” kemacetan yang sudah menjadi penyakit utama Ibukota.
Masalah banjir ini perlu menjadi perhatian Kementrain Pemuda Dan Olahraga (Kemenpora) sebagai wakil pemerintah, Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dalam menggelar Asian Games 2018 nanti. Jangan sampai banjir menghadirkan noda hitam dan bahkan menjadi biang pengganjal sukses Indonesia sebagai penyelenggara dan meraih prestasi di perhehelatan akbar Asia itu.
Dari sekarang perlu dipetakan daerah-daerah mana yang bukan saja bebas kemacetan  namun juga banjir untuk menjadi tempat pertandingan Asian Games mendatang. Karena Indonesia merencanakan pergelaran Asian Games 2018 di Jakarta, Palembang,Sumatera Selatan, Bandung Jawa Barat dan Bumi Serpong Damai Banten.
Pasalnya, bukan saja Jakarta yang rawan banjir. Bila hujan lebat dalam beberapa hari menerpa bumi, selain Jakarta maka Bandung dan Banten juga rawan serbuan banjir.
            Memang, banjir terjadi saat musim penghujan di bulan yang berakhir ber, September, Oktober, November, Desember, kemudian Januari, Februari sampai Maret. Sedangkan pelaksanaan Asian Games nanti sudah ditetapkan bulan Agustus, tepatnya tanggal 18-8-2018. Angka yang cantik namun tidak menjadi jaminan akan tidak terkena ancaman banjir.
            Dalam perubahan iklim akibat pemanasan global maka cuaca sukar diprediksi secara tepat. Sekarang ini bisa saja saat musim hujan justru panas membara. Sebaliknya saat musim panas justru basah kuyup dan kebajiran karena hujan tiba-tiba mengguyur dari langit.
            Dari keamanan akan banjir dan kesiapan kota atau daerah dalam menyediakan fasilitas pertandingan yang bertaraf internasional untuk Asian Games 2018 nanti maka tidak bisa dipungkiri lagi Palembang, Sumatera Selatan tetap menjadi pilihan yang terbaik. Sudah sepantas Palembang menjadi pilihan untuk menggelar pertandingan lebih banyak sesuai dengan fasiltas yang diakui oleh federasi internasional cabang olahraga.
Selain aman dari darurat banjir maka Palembang juga mempunyai fasilitas olahraga berstandar internasional dalam lokasi satu kompleks di Jakabaring. Lokasi ini akan lebih aman bila saja cuaca nanti tiba-tiba berubah ekstrem di bulan Agustus 2018 dibandingkan bila pertandingan dilaksanakan pada lokasi terpencar-pencar di berbagai tempat yang belum tentu aman banjir dan kemacetan. Jadi, mari dukung Asian Games 2018 bebas banjir. ***


- ***
========= Dukungan untuk Cinta Olahraga Indonesia bisa dikirimkan langsung melalui: BANK BCA KCP PALMERAH NO REKENING 2291569317 BANK MANDIRINO REKENING 102-00-9003867-7 =========
-->

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERITA TOP

KAMI dari COI melayani pembuatan PRESS RELEASE atau TULISAN OLAHRAGA dan siap membantu menggelar JUMPA PERS dengan mengundang wartawan media cetak dan televisi sesuai pilihan Anda. CP: 082110068127 atau email ke akumemangcoi@yahoo.com

Pengelola: CV FORTIN MAKMUR SEJAHTERA

Pengelola: CV FORTIN MAKMUR SEJAHTERA