COIGA BARU

Menu

Menu1

Minggu, 05 April 2015

ISL 2015 Bergulir, Kemenangan Insan Sepakbola Indonesia

Oleh: Gungde Ariwangsa *


Sumber Asli -- C0I - Kemenangan akhirnya berpihak kepada insan sepak bola Indonesia. Bukan pada Kementrian Pemuda Dan Olahraga  (Kemenpora) pimpinan Menteri Pemuda Dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi yang sejak awal mengobarak-abrik sepakbola Indonesia. Bukan pula pada pengurus Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) yang melalui PT Liga Indonesia berjuang dan bertahan melawan gempuran Kemenpora.
            Ya, dengan sukses digelarnya pertandingan perdana Kompetisi Indonesia Super Liga (ISL) 2015 yang kini menyandang title resmi QNB (Qatar Bank National) ISL 2015, yang menang memang insan sepakbola Indonesia. Terutama para pecinta dan pelaku sepakbola di Tanah Air yang mengharapkan adanya kompetisi. Bukan saja untuk menyaksikan pertandingan namun sebagai wadah pengejawantahan secara nyata sarana pembinaan olahraga terpopuler itu. Hanya kompetisilah faktor utama untuk meraih prestasi.  
            Bukan permainan politik dengan dalih apa pun. Apalagi dalil yang dicari-cari untuk mencari kesalahan. Masyarakat sepakbola di Tanah Air rupanya sudah belajar banyak dari karut marutnya kompetisi ketika pemerintah lewat restu Menpora Andi Mallarangeng menghadirkan kompetisi tandingan IPL melawan ISL yang lebih dulu hadir sebagai kompetisi profesional di Bumi Nusantara.
            Campur tangan pemerintah terbukti tidak menghasilkan perbaikan apa-apa namun justru kehancuran dan perpecahan yang berkepanjangan. Ini sangat merugikan bukan saja prestasi sepakbola Indonesia namun juga pemain, pelatih dan masyarakat yang menyandarkan hidup dari kompetisi sepakbola. Sejarah dan pengalaman pahit yang tidak ingin diulang lagi.
            Maka tidak mengherankan bila upaya Menpora Imam Nahrawi melalui tim bentukannya, Tim Sembilan, dan kemudian Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) untuk menghentikan Kompeyisi ISL 2015 mendapat tantangan dan penolakan besar dan keras. Langkah Menpora dinilai terlalu mengada-ada. Bahkan timbul kecurigaan ada apa dibalik langkah Menpora memberikan sorotan hanya pada sepakbola yang sudah berjalan dengan mulus selama ini dibandingkan dengan memperbaiki cabang-cabang olahraga lainnya yang tidak berprestasi dan tidak mampu menggelar kompetisi yang berkesinambungan dan tertata baik?
            Jurus Kemenpora pun akhirnya hanya menepuk angin. Menunda kompetisi mendapat serbuan balik sehingga hanya berlalu sebagai langkah sia-sia dan membuang waktu dan tenaga. Kemudian jurus BOPI memverifikasi klub-klub ISL 2015 juga berlalu sebagai gertakan sambal saja karena hampir semua klub mampu memenuhi persyaratan yang diminta meskipun belum sempurna. Yang jelas disini terbuki klub-klub ISL memiliki niat baik untuk melakukan perbaikan di tengah-tengah beratnya menyediakan dana untuk biaya gaji, akomodasi kompetisi dan sewa tempat pertandingan serta masalah lainnya.
            Akhirnya, Sabtu tanggal 4 April 2015, kompetisi ISL 2015 bergulir. Lengkap dengan 18 klub. Meskipun BOPI hanya menilai 16 klub yang berhak tampil. Dua klun yang dikategorikan belum layak tampil, Arema Cromus dan Persebaya Surabaya tetap tampil. Arema sudah bertanding melawan Persija Jakarta di Malang. Setelah itu menyusul Persebaya melawan Mitra Kukar.
            Dengan bergulirnya ISL 2015 maka Menpora tidak bisa menghadang lagi. Diharapkan, Menpora tidak lagi menghadang gelombang kemenangan isan sepakbola Indonesia ini. Apalagi Badang Sepakbola Dunia (FIFA) sudah memberi peringatan agar kompetisi ISL dan PSSI tetap independent. Jadi, Menpora dengan Tim Sembilan dan BOPI sebagai senjata untuk menyerang ISL dan PSSI sebaiknya mendukung kemenangan insan sepakbola Indonesia dengan tetap memberikan pengawasan namun bukan menghentikan kompetisi ISL 2015. ***


- ***
========= Dukungan untuk Cinta Olahraga Indonesia bisa dikirimkan langsung melalui: BANK BCA KCP PALMERAH NO REKENING 2291569317 BANK MANDIRINO REKENING 102-00-9003867-7 =========
-->

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERITA TOP

KAMI dari COI melayani pembuatan PRESS RELEASE atau TULISAN OLAHRAGA dan siap membantu menggelar JUMPA PERS dengan mengundang wartawan media cetak dan televisi sesuai pilihan Anda. CP: 082110068127 atau email ke akumemangcoi@yahoo.com

Pengelola: CV FORTIN MAKMUR SEJAHTERA

Pengelola: CV FORTIN MAKMUR SEJAHTERA