COIGA BARU

Menu

Menu1

Rabu, 06 Januari 2016

27 Atlet Jalani Test Prima, 5 Pemain Bulutangkis Absen

Sumber Asli -- C0I -Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) di bawah komando Achmad Sucipto mulai menjalani program dalam rangka menghadapi Olimpiade Rio de Jeneiro 2016. Langkah awal dilakukan Tes medis kepada atlet yang didaftarkan induk-induk organisasinya (PB/PP) untuk menjalani Pelatnas Olimpiade Rio De Janiero 2016 di Rumah Sakit Olahraga Nasional (RSON) Cibubur, Jakarta, Rabu (6/1)


Pada hari pertama ini, total ada 27 Atlet yang mengikuti sesi tes. Sejatinya, pada hari ini ada 32 atlet yang harusnya mengikuti tes medis. Namun, lima atlet tidak bisa jhadir mengikuti rangkaian tes dengan beberapa alasan. Ke-27 Atlet yang mengikuti tes terdiri dari 11 atlet bulu tangkis, 12 atlet angkat besi, dan empat atlet taekwondo.

"Tadinya ada 32 atlet yang dipanggil menjalani test, tapi tidak semua tidak bisa ikut karena alasan masing-masing," terang Ari Setyono, Direktur Eksekutif Satlak Prima Bidang Sport Science.

Tes Medis ini memang dilakukan tidak berbarengan kepada seluruh cabor yang telah memastikan lolos Olimpiade. Tidak semua cabor juga menggelar tes di RSON Cibubur. Ada cabor yang dites di PPITKON, ada juga di Unesa Surabaya.

Menurut Ari, program ini merupakan standar internasional untuk para atlet yang akan tampil di Olimpiade. Tujuannya, untuk mengetahui bagaimana kondisi terkini atlet dan apa yang dibutuhkan atlet ke depan agar performanya semakin maksimal.

"Kami akan ukur secara medis bagaimana kondisi atlet. Ini akan menjadi tolok ukur untuk menentukan langkah apa enam bulan ke depan yang harus dilakukan," katanya.

Dari tes ini, akan ada tiga langkah yang kemudian bisa diambil bagi atlet. Pertama, atlet dinilai layak dan bisa melanjutkan program tanpa perbaikan. Kedua, atlet dinilai layak diproyeksikan untuk Olimpiade, tapi perlu ada perbaikan. Ketiga, atlet dinilai tidak layak sama sekali akibat cidera yang dialaminya.

"Dari hasil tes ini kita baru bisa menyusun program latihan yang benar-benar tepat sasaran. Kalau memang kondisi fisiknya tidak mendukung bisa digenjot dengan program latihan yang tepat dan kalau memang ada atlet yang cidera diberikan porsi latihan yang sesuai sembari menunggu kondisinya pulih. Kemudian, jika atlet yang mengalami cidera parah dan tak mungkin disembuhkan akan direkomendasikan menjalani penyembuhan lebih dulu," jelas mantan deputi kemenpora ini.

Lebih jauh Ari Setyono mengungkapkan seluruh atlet yang lolos tes medis tetap akan menjalani tes yang sama secara periodik tiga bulan sekali. Dengan demikian, progres latihan yang dijalani bisa diukur untuk lebih ditingkatkan.

Sementara itu, Ketua Seksi Preventif Sport Medicine, dr Arie Soetopo menuturkan bahwa dalam tes medis ini, dilakukan cek lengkap. Mulai dari riwayat cedera, pemeriksaan fisik, cek laboratorium, sampai pemeriksaan kondisi gigi dan mulut.

"Dari seluruh tes ini, nantinya akan ada hasil evaluasi. Baru setelah itu bisa difollow up apa yang harus dilakukan," tandasnya.

Lima Atlet tidak ikut tes

Menurut Penanggung jawab dari cabor bulu tangkis, Mimi Irawan, atlet dari cabornya memang banyak yang tidak bisa mengikuti tes.
"Total ada empat atlet bulu tangkis yang tidak ikut tes medis hari ini," terang perempuan berkacamata tersebut.

Mereka adalah Tommy Sugiarto, Angga, Edi Subaktiar, dan Gloria Widjadja. Tommy tidak bisa tes karena sedang mengikuti turnamen di Indonesia, Angga sedang cedera dan menjalani proses penyembuhan, sementara Edi dan Gloria, batal ikut masuk proyeksi Olimpiade karena gagal lolos.

Satu atlet lainnya berasal dari angkat besi, Surahmat. Menurut pelatih angkat besi, Dirdja Wiharja, Surahmat masih terkendala dengan izin kerjanya. Untuk itu, dia diproyeksikan mengikuti tes medis susulan, setelah mendapatkan izin dari kantornya.
"Dia butuh dispensasi, sekarang belum keluar. Nanti kalau sudah dapt dispensasi langsung ikut tes," tandasnya.

- ***
========= Dukungan untuk Cinta Olahraga Indonesia bisa dikirimkan langsung melalui: BANK BCA KCP PALMERAH NO REKENING 2291569317 BANK MANDIRINO REKENING 102-00-9003867-7 =========
-->

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERITA TOP

KAMI dari COI melayani pembuatan PRESS RELEASE atau TULISAN OLAHRAGA dan siap membantu menggelar JUMPA PERS dengan mengundang wartawan media cetak dan televisi sesuai pilihan Anda. CP: 082110068127 atau email ke akumemangcoi@yahoo.com

Pengelola: CV FORTIN MAKMUR SEJAHTERA

Pengelola: CV FORTIN MAKMUR SEJAHTERA