COIGA BARU

Menu

Menu1

Selasa, 12 Januari 2016

ASIAN GAMES 2018 > KONI Targetkan Perbaikan Prestasi

>
--> Sumber Asli -- C0I - Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman menegaskan, Asian Games 2018 menjadi prioritas kerja KONI. Ia menargetkan prestasi Indonesia meningkat pada Asian Games 2018 yang digelar di DKI Jakarta dan Sumatera Selatan.
Tono mengatakan hal itu seusai pelantikan jajaran pengurus baru KONI Pusat, Senin (11/1) di Gedung Serba Guna KONI. Meskipun demikian, Tono tidak menjelaskan secara konkret target peningkatan prestasi yang ia maksud. Ia hanya menegaskan, para pengurus baru KONI mesti bekerja keras untuk mendongkrak prestasi Indonesia yang cenderung turun beberapa tahun terakhir di berbagai pekan olahraga internasional, seperti SEA Games dan Asian Games. Hal yang sama terjadi di berbagai kejuaraan tunggal (single event) olahraga lainnya.
Pada SEA Games Jakarta-Palembang 2011, Indonesia menjadi juara umum. Medali lebih banyak diperoleh dari cabang-cabang non-Olimpiade. Namun, pada SEA Games Myanmar 2013, Indonesia melorot ke peringkat ke-4. Pada SEA Games Singapura 2015, prestasi Indonesia turun lagi ke peringkat ke-5.
Di ajang Asian Games Doha 2006, Indonesia hanya mampu bertengger di peringkat ke-22. Bulu tangkis dan boling menjadi cabang penyumbang emas. Empat tahun kemudian di Asian Games Guangzhou 2010, Indonesia naik ke peringkat ke-15 dengan meraih empat emas. Selanjutnya, pada Asian Games Incheon 2014, Indonesia turun ke peringkat ke-17 dari 37 negara peserta.
"Dengan kondisi prestasi olahraga nasional seperti itu, jajaran pengurus KONI Pusat mesti bekerja keras dan fokus untuk menjalankan pembinaan olahraga. Itu bisa dilakukan melalui kerja sama dengan pihak-pihak terkait," ujar Tono, yang terpilih kembali sebagai Ketua Umum KONI Pusat 2015-2019 dalam musyawarah nasional di Papua tahun lalu.
Sebagai tuan rumah Asian Games 2018, menurut Tono, tidak cukup jika Indonesia sukses menjadi penyelenggara. Indonesia juga mesti sukses meningkatkan prestasi yang terwujud dalam perolehan medali.
Komite Olimpiade Indonesia dalam Laporan Persiapan Pelaksanaan Asian Games 2018 mencantumkan, kontingen Indonesia ditargetkan menembus peringkat ke-8 dari sekitar 45 negara peserta. Target medali emas yang direbut sebanyak 26 keping, 16 keping dari cabang non-Olimpiade, sisanya dari cabang Olimpiade.
Tono menjelaskan, agar bisa menggenjot prestasi di Asian Games, pihaknya memerlukan atlet-atlet terbaik. Untuk menyiapkan atlet-atlet terbaik, KONI Pusat tidak bisa bekerja sendiri.
KONI akan meningkatkan kerja sama dengan KONI daerah untuk menyiapkan atlet-atlet muda potensial yang bakal menjadi pelapis atlet-atlet elite. Saat ini, atlet-atlet pelapis yang potensial amat kurang.
"Kami sudah melakukan pemetaan atlet untuk sejumlah cabang di sejumlah provinsi. Sesuai hasil musyawarah nasional KONI Pusat akhir tahun lalu, setiap KONI daerah mesti memetakan dan membina atlet-atlet muda untuk dibentuk menjadi atlet-atlet pelapis," ujar Tono.
Saat ini, ujar Tono, pemetaan sudah berlangsung di Riau, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, dan Sumatera Utara. Diharapkan hasil pemetaan dan pembinaan di daerah itu bisa terlihat pada PON 2016 di Jawa Barat.
***
========= Dukungan untuk Cinta Olahraga Indonesia bisa dikirimkan langsung melalui: BANK BCA KCP PALMERAH NO REKENING 2291569317 BANK MANDIRINO REKENING 102-00-9003867-7 =========
-->

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERITA TOP

KAMI dari COI melayani pembuatan PRESS RELEASE atau TULISAN OLAHRAGA dan siap membantu menggelar JUMPA PERS dengan mengundang wartawan media cetak dan televisi sesuai pilihan Anda. CP: 082110068127 atau email ke akumemangcoi@yahoo.com

Pengelola: CV FORTIN MAKMUR SEJAHTERA

Pengelola: CV FORTIN MAKMUR SEJAHTERA