COIGA BARU

Menu

Menu1

Sabtu, 13 Februari 2016

Asian Games 2018 > KONI Minta Pemindahan Cabor Dari GBK Memakai Skala Prioritas

>
--> Sumber Asli -- C0I - Sebagai bagian dari persiapan Asian Games 2018, kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, akan direnovasi. KONI pusat dan cabang olahraga yang berlatih dan/atau berkantor di sana meminta ada manajemen pemindahan dan renovasi kantor serta tempat latihan mereka.
Sejumlah atlet  berlatih di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Jumat (12/2). Kompleks GBK dan sarana pendukungnya akan direnovasi pada Juli sebagai persiapan Jakarta menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Renovasi di kawasan GBK dilakukan pada 14 arena.
KOMPAS/PRIYOMBODOSejumlah atlet berlatih di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Jumat (12/2). Kompleks GBK dan sarana pendukungnya akan direnovasi pada Juli sebagai persiapan Jakarta menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Renovasi di kawasan GBK dilakukan pada 14 arena.
K Inugroho, Wakil Ketua Umum KONI Bidang Perencanaan Anggaran, Media/Humas, dan Mobilisasi Sumber Daya, sebelum meninjau ke GBK bersama perwakilan cabang, pengelola GBK, dan perwakilan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jumat (12/2), menjelaskan, untuk Asian Games, di GBK akan dipentaskan 14 cabang serta upacara pembukaan dan penutupan. GBK pun akan ditutup untuk direnovasi oleh Kementerian PUPR agar sesuai standar internasional.
Cabang-cabang yang berlatih atau berkantor di GBK pun diminta pindah paling lambat Maret atau April. "Ternyata faktanya tidak bisa seperti itu. Di GBK juga ada cabang yang mempersiapkan diri untuk Olimpiade Rio de Janeiro 2016, misalnya angkat besi," ujar Inugroho.
Untuk itu, KONI pusat dan cabang-cabang meminta ada manajemen relokasi untuk renovasi. Pengaturan yang dimaksud adalah adanya prioritas cabang mana yang mesti lebih dulu pindah dari GBK dan cabang apa saja yang boleh tetap tinggal untuk persiapan Olimpiade yang akan berlangsung pada 5-21 Agustus.
Peninjauan yang dilakukan Jumat sore, menurut rencana, dilakukan ke 17 arena. Namun, tim baru tuntas meninjau sembilan lokasi, yaitu yang digunakan cabang sepak bola, wushu, biliar, tinju, perahu layar, gulat, angkat besi, anggar, dan bridge.
Direktur Bina Penataan Bangunan Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Adjar Prajudi mengatakan, peninjauan perlu dilakukan karena satuan tugas renovasi belum mengetahui kondisi dan kerusakan dari arena latihan di GBK.
Surya Darmawan, anggota Ikatan Arsitek Indonesia, mitra Kementerian PUPR dalam merenovasi, menyebutkan, renovasi dilakukan untuk meningkatkan fasilitas berlatih atlet agar memenuhi standar internasional.
Sementara Sumatera Selatan, yang juga akan jadi tuan rumah Asian Games selain Jakarta, berharap ada bantuan dana dari pemerintah pusat. Panitia Kerja Persiapan Asian Games terus mengkaji kemungkinan itu.
Permintaan itu terlontar di sela-sela kunjungan Panitia Kerja Persiapan Asian Games 2018 ke Jakabaring Sport City, Palembang, Jumat. Dana yang dimaksud berasal dari anggaran yang disetujui DPR sebesar Rp 500 miliar untuk memperbaiki GBK.
"Kami harap 50 persen dari anggaran itu juga disediakan untuk pengembangan sarana olahraga di Palembang," kata Asisten III Bidang Kesra Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Akhmad Najib
***
========= Dukungan untuk Cinta Olahraga Indonesia bisa dikirimkan langsung melalui: BANK BCA KCP PALMERAH NO REKENING 2291569317 BANK MANDIRINO REKENING 102-00-9003867-7 =========
-->

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERITA TOP

KAMI dari COI melayani pembuatan PRESS RELEASE atau TULISAN OLAHRAGA dan siap membantu menggelar JUMPA PERS dengan mengundang wartawan media cetak dan televisi sesuai pilihan Anda. CP: 082110068127 atau email ke akumemangcoi@yahoo.com

Pengelola: CV FORTIN MAKMUR SEJAHTERA

Pengelola: CV FORTIN MAKMUR SEJAHTERA