COIGA BARU

Menu

Menu1

Kamis, 25 Februari 2016

Bogor gelar kompetisi skateboard nasional

>
--> Sumber Asli -- C0I - Komunitas Skateboard Kota Bogor, Jawa Barat, menggagas kompetisi skateboard tingkat nasional yang akan diikuti ratusan skate (pemain) dari berbagai daerah di Indonesia.

"Kompetisi skateboard nasional ini dijadwalkan berlangsung 29 Maret mendatang, kita sudah mendapatkan persetujuan dari Wali Kota Bogor," kata Gema Nasution selaku Pengurus Komunitas Bogor Independen Skateboard di Bogor, Kamis.

Ia mengatakan, kompetisi tersebut merupakan yang pertama kalinya diselenggarakan, salah satunya dalam rangka memperingati satu tahun kehadiran Taman Skateboard yang dibangun oleh Pemerintah Kota Bogor Maret 2015 lalu.

"Tahun 2000 sudah pernah diselenggarakan kompetisi skateboard nasional di Kota Bogor, dipusatkan di GOR Padjajaran, sejak saat itu sudah tidak pernah ada lagi," katanya.

Menurut dia, kompetisi skateboard nasional tersebut diselenggarakan sebagai bentuk pengakuan keberadaan skateboard di Kota Bogor, sekaligus memperkenalkan Kota Bogor yang juga memiliki taman khusus skateboard yakni skatepark, melalui kejuaran tersebut.

"Kompetisi ini akan memperebutkan piala Wali Kota Bogor, dan dirancang sebagai kompetisi tahunan," katanya.

Wakil Pengurus Bogor Independen Skateboard, yang juga Ketua Komunitas Mata Kiri, Raksa Nasution menyebutkan, ada empat kategori yang dipertandingkan yakni di bawah 15 tahun (under 15), pemula, terbuka, dan skate father.

"Kategori skate father ini kategori satu-satunya yang unik karena pemainnya adalah para rider (sebutan bagi pemain skate) yang sudah memiliki anak, tetapi tetap jago main skateboard," katanya.

Akan ada tiga juri dari tiga daerah yang akan menilai penampilan para rider yang akan tampil selama 45 detik dengan melihat kemampuan trik, rintangan (optacle), dan konsistensi.

"Juri adalah legenda stakeboard Indonesia, ada dari Jakarta, Bandung dan Bogor," katanya.

Sementara itu, kesiapan untuk penyelenggaraan kompetisi skateboard nasional tersebut telah 80 persen, kondisi lapangan yang bagus, dan dukungan dari sejumlah sponsor serta Pemerintah Kota Bogor.

"Kita sudah berkomunikasi dengan Pak Wali Kota Bima Arya Sugiarto baik secara lisan maupun diskusi langsung, dan beliau siap mendukung kita untuk menyelenggarakan kegiatan ini," katanya.

Menurut Raksa, kehadiran taman skatepark telah mendorong peminat skateboar di Kota Bogor meningkat, selain itu banyak skater-skater dari berbagai daerah datang untuk uji coba track yang ada di Skatepark Bogor.

"Kehadiran taman-taman di Kota Bogor juga mendorong banyak skatepark berdatangan ke Bogor, mereka melakukan uji kemampuan dengan memanfaatkan sarana publik tersebut. Ada riset menyebutkan, skateboard dapat menjadi pengukur sebuah fasilitas publik itu skatepable atau kokoh dan kuat," katanya.

Taman Skatepark terletak di Lapangan Sempur, sejak resmi diluncurkan, komunitas olah raga ekstrim tersebut terus diminati dan semakin banyak anggotanya. Sejak tahun 2011 tercatat jumlah anggota mencapai 200 orang, kini angkanya semakin bertambah.

Pemerintah Kota Bogor melibatkan komunitas untuk merawat dan menjaga taman skatepark agar tetap terawat, sebagai bentuk konsistensi komunitas peduli akan sarana dan fasilitas yang diberikan oleh pemerintah, menginisiasi kompetisi skateboard nasional tersebut.
***
========= Dukungan untuk Cinta Olahraga Indonesia bisa dikirimkan langsung melalui: BANK BCA KCP PALMERAH NO REKENING 2291569317 BANK MANDIRINO REKENING 102-00-9003867-7 =========
-->

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERITA TOP

KAMI dari COI melayani pembuatan PRESS RELEASE atau TULISAN OLAHRAGA dan siap membantu menggelar JUMPA PERS dengan mengundang wartawan media cetak dan televisi sesuai pilihan Anda. CP: 082110068127 atau email ke akumemangcoi@yahoo.com

Pengelola: CV FORTIN MAKMUR SEJAHTERA

Pengelola: CV FORTIN MAKMUR SEJAHTERA