COIGA BARU

Menu

Menu1

Rabu, 10 Februari 2016

Lho Piye Iki, Kemenpora Mengaku Sulit Bantu Rio Haryanto

>
--> Sumber Asli -- C0I - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengakui kesulitan membantu pembalap Rio Haryanto bergabung tim Manor Racing untuk membalap di ajang Formula 1 (F1) musim ini.     "Kami menyadari ada kendala yang tidak gampang dipecahkan. Karena sampai sekarang, meskipun kami mendapat info dari Bu Indah (Indah Pennywati, ibunda Rio) bahwa ada pegunduran-pengunduran waktu, tapi seperti yang kami laporkan kepada Pak Menteri (Imam Nahrawi), kayaknya kami harus jujur sampaikan kepada publik bahwa bukan sesuatu yang gampang, susah sekali (dorong Rio ke F1)," kata Kepala Komunikasi Publik Kemenpora Gatot Dewa Broto di Jakarta, Rabu (10/2).
    Menurut dia, kendala yang menyulitkan Rio balapan di jet darat adalah dana 15 juta Euro atau setara dengan Rp 225 miliar yang diminta Manor Racing. Sejauh ini yang sudah tersedia 5,2 juta Euro atau setara dengan Rp 78 miliar. Sementara 9,8 juta Euro masih belum jelas pendanaannya. Manor sendiri butuh dana awal 3 juta Euro. Hanya, Pertamina tidak bersedia mengeluarkan uang jika belum ada yang mendahului.
    Dijelaskan Gatot, Indah Pennywati pada Jumat pekan lalu berencana mendahului transfer ke Manor. Namun, hal itu urung dilakukan lantaran dana 9,8 juta Euro belum jelas. Jika hanya mengandalkan bantuan Kemenpora melalui KONI Pusat juga ribet pencairannya karena harus melewati pembahasan di DPR apakah mau menggunakan yang existing dana APBN atau menggunakan APBN-P.
    "Apakah Pemerintah yakin apa enggak Rio bisa ke F1? Kayaknya kami iya, tapi namanya usaha ya," jelas Gatot.
    Meskipun kesulitan, namun pihaknya tetap berharap peluang itu masih ada. Apalagi, Kemenpora masih akan bertemu dengan pemilik Manor,  Stephen Fitzpatrick. "Alternatifnya, apakah Rio bisa ikut balapan di season tertentu, mengingat total balapan kan ada 20 seri. Tergantung bayarnya, kan ada opsi seperti itu cuma yang jadi persoalan saya dapat informasi dari Bu Indah itu juga tidak mudah karena kalau sampai itu dilakukan sampai sekarang Manor juga belum dapat pengganti drivernya itu siapa," ujarnya.
    Terkait kapan pertemuan dengan Manor dilakukan, Gatot belum berterus terang. Namun, mereka sudah memberi kabar kepada Kemenpora bahwa terbang dari Inggris Selasa sore dan Rabu kemarin tiba di Jakarta. Mereka menginap di suatu tempat dan agenda utamanya bertemu Pemerintah.
    "Makanya pertemuan dengan Manor nanti Pemerintah akan lebih banyak mendengar dulu karena ya mau request apa, kami bantu bayari saja susah. Tetapi di dalam suratnya mereka masih berkeinginan untuk mendorong Rio di F1. Kami enggak ingin berandai-andai," ungkapnya.
    Sementara itu, Indah Pennywati ketika dihubungi wartawan mengaku belum tahu rencana pertemuan Manor dengan Pemerintah. Dia menyambut baik jika rencana itu terealisasi. Sebab, kedatangan Manor diperkirakan tidak akan jauh melenceng dari pertanyaan menyangkut keseriusan Pemerintah dalam menyiapkan dana untuk mendukung pembalap asal Solo itu ke F1.
***
========= Dukungan untuk Cinta Olahraga Indonesia bisa dikirimkan langsung melalui: BANK BCA KCP PALMERAH NO REKENING 2291569317 BANK MANDIRINO REKENING 102-00-9003867-7 =========
-->

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERITA TOP

KAMI dari COI melayani pembuatan PRESS RELEASE atau TULISAN OLAHRAGA dan siap membantu menggelar JUMPA PERS dengan mengundang wartawan media cetak dan televisi sesuai pilihan Anda. CP: 082110068127 atau email ke akumemangcoi@yahoo.com

Pengelola: CV FORTIN MAKMUR SEJAHTERA

Pengelola: CV FORTIN MAKMUR SEJAHTERA