COIGA BARU

Menu

Menu1

Kamis, 18 Februari 2016

Sejarah, Rio Haryanto Tampil Di F1

>
--> Sumber Asli -- C0I - Rio Haryanto akan menjadi pebalap F1 pertama dari Indonesia setelah menandatangani kesepakatan dengan Manor Racing.  Menurut pernyataan Manor, Kamis (18/2), Rio (23) akan melakukan debutnya di Australia, di mana musim baru F1 dimulai,  20 Maret. Sebelumnya, Rio akan menjalani sesi latihan resmi di Barcelona, Spanyol, 22 Februari.

            "Melbourne akan menjadi momen besar bagi saya, bagi negara saya, para pendukung dan penggemar.  Saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang telah bersama saya sejak saya memulainya pada balap 'single seater' 2016 merupakan peluang saya untuk membayar kepercayaan dan mewakili Asia di F1," kata Rio seperti dilaporkan Reuters yang dilansir Antara.
            Kepastian bergabungnya  disampaikan langsung oleh Tim Manor Racing melalui teleconference dengan pihak Kemenpora, Kementerian BUMN, PT Pertamina, dan manajemen Rio Haryanto di Kantor Pertamina Jakarta, Kamis. Kabar gembira itu disambut dengan haru oleh pihak Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto.
            "Kita sangat rindu memiliki simbol yang bisa dibanggakan. Pertamina saat ini bangga. Rio memang pantas mendapatkan penghargaan yang istimewa," katanya dengan terharu.
            Rio dan  rekan setimnya yang merupakan pebalap rookie asal Jerman Pascal Wehrlein melengkapi grid untuk musim 2016. Rio, yang finis di peringkat keempat pada seri feeder GP2 musim lalu dengan memenangi tiga balap, akan menjadi pebalap Asia Tenggara ketiga yang berkompetisi di F1 sejak kejuaraan itu dimulai pada 1950.
            Dua pebalap lainnya adalah Alex Yoong asal Malaysia, dengan Minardi pada 2001-2002, dan Pangeran Bira (Birabongse Bhanudej) asal Thailand pada 1950-an. Rio telah menjadi pebalap Indonesia pertama yang mengendarai mobil F1, setelah menguji mobil tim pendahulu Manor, Marusia, pada 2010.
            Kedatangan pebalap Indonesia itu di F1 menimbulkan kekecewaan bagi Will Stevens asal Britania Raya, Alexander Rossi asal AS, dan Roberto Merhi asal Spanyol, yang membalap bagi Manor musim lalu ketika tim itu masih bernama Marusia, "Popularitas besar Rio di Indonesia merupakan hal bagus untuk tim dan untuk F1. Mereka ingin melihat dia di grid dan kami yakin bahwa kita akan melihatnya menikmati sejumlah pertarungan menarik dalam setahun mendatang," kata pemilik Manor Stephan Fitzpatrick.
            Manor gagal mencetak angka pada 2015 namun mereka telah melakukan sejumlah perubahan sejak itu, dengan manajemen baru dan pebalap-pebalap baru serta mengganti mesin Ferrari dengan mesin Mercedes. Tempat Rio di tim bergantung kepada pengumpulan dana di Indonesia, di mana Manor meminta 15 juta.
            Kepastian Rio masuk Manor, juga ditentukan setelah mampu membayar uang muka yang telah ditetapkan yaitu lebih dari 5 juta euro. Uang muka ini berasal dari manajemen Rio dan Pertamina.
***
========= Dukungan untuk Cinta Olahraga Indonesia bisa dikirimkan langsung melalui: BANK BCA KCP PALMERAH NO REKENING 2291569317 BANK MANDIRINO REKENING 102-00-9003867-7 =========
-->

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERITA TOP

KAMI dari COI melayani pembuatan PRESS RELEASE atau TULISAN OLAHRAGA dan siap membantu menggelar JUMPA PERS dengan mengundang wartawan media cetak dan televisi sesuai pilihan Anda. CP: 082110068127 atau email ke akumemangcoi@yahoo.com

Pengelola: CV FORTIN MAKMUR SEJAHTERA

Pengelola: CV FORTIN MAKMUR SEJAHTERA