COIGA BARU

Menu

Menu1

Selasa, 20 September 2016

Catatan PON XIX/2016 Jawa Barat: Ini Intimidasi Bung!

Oleh: Gungde Ariwangsa
 
Sumber Asli -- C0I - Protes mereda, kerusuhan pun sepi. Suasana ayem ini menghiasi persaingan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 di Jawa Barat, Selasa (20/9). Tampaknya berbagai pihak, mulai dari tuan rumah, panitia, maupun para kontingen tamu sudah belajar banyak dari berbagai kejadian negatif bahkan buruk yang menodai pelaksanaan pesta olahraga terakbar empat tahunan di Tanah Air ini. PON sebagai ajang adu prestasi para olahragawan-olahragawati dari seluruh Indonesia perlu dijaga keutuhan dan kemurnian tujuannya.


            Diharapkan hal ini bisa terus dipertahankan sehingga sesengit, sekeras dan sepanas apa pun persaingan dalam memburu prestasi yang terbaik tetap harus mengutamakan nilai-nilai sportivitas. Sikap fair play dan menahan diri sudah seharusnya dikedepankan. Dengan demikian prestasi yang diraih benar-benar terwujud dari cara dan langkah yang kestria. Bukan dari tindakan menghalalkan segala cara.
            Ingat, pelaksanaan PON dari tahun ke tahun terus mendapat sorotan. Jangan sampai hal ini justru diperburuk oleh ambisi yang berlebihan. Diperparah oleh ambisi yang hanya sekadar mencari gengsi sesaat.
            Untuk itulah, panitia pertandingan diharapkan menerapkan aturan pertandingan dengan fair. Kemudian para atlet bertanding, berlomba dan bertarung dengan sportif dan hati yang dingin. Menang tidak mentang-mentang, kalah tidak mencak-mencak.
            Sikap para pendukung atau pun supoter juga perlu dijaga. Dukungan diberikan dengan tata cara yang baik. Tidak menghadirkan tekanan yang berlebihan karena ini akan memunculkan tekanan dan intimidasi bagi para atlet. Tidakan intimidasi harus ditinggalkan dan dibuang jauh-jauh karena bisa menimbulkan kerusuhan dan kericuhan. Selain itu juga, cara-cara ancaman dan penekanan itu merupakan pola-pola masa lalu.
Sangatlah bijak sikap yang ditunjukkan  Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Hadi Prasojo meminta maaf atas insiden keributan antara suporter dengan prajuritnya yang menjadi pendukung kontingen Jawa Barat di Venue Polo Air PON XIX/2016 Jabar. Menurut dia, kejadian itu sebenarnya biasa, namun menjadi viral di media sosial. Ia menyebutkan, pihaknya juga telah menegur anggotanya yang terlibat dalam aksi keributan di venue polo air itu.
            Dengan pernyataan itu maka semuanya bisa menahan diri. Jangan sampai menimbulkan masalah baru lagi. Buang jauh-jauh cara-cara menekan, mengancam dan brutal. Karena bila itu terjadi lagi maka ini namanya intimidasi Bung! ***


  • Penulis adalah Wartawan HU Suara Karya, Ketua Harian SIWO PWI Pusat. E-mail: aagwaa@yahoo.com




***
========= Dukungan untuk Cinta Olahraga Indonesia bisa dikirimkan langsung melalui: BANK BCA KCP PALMERAH NO REKENING 2291569317 BANK MANDIRINO REKENING 102-00-9003867-7 =========
-->

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERITA TOP

KAMI dari COI melayani pembuatan PRESS RELEASE atau TULISAN OLAHRAGA dan siap membantu menggelar JUMPA PERS dengan mengundang wartawan media cetak dan televisi sesuai pilihan Anda. CP: 082110068127 atau email ke akumemangcoi@yahoo.com

Pengelola: CV FORTIN MAKMUR SEJAHTERA

Pengelola: CV FORTIN MAKMUR SEJAHTERA